Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us
  • No products in the cart.

Fotografi adalah seni pengambilan gambar atau seni memotret yang dilakukan untuk menciptakan gambar yang tahan lama. Banyak orang yang menyukai fotografi, bukan hanya sebagai hobi, tapi juga tren. Saat ini, mungkin hampir setiap orang melakukan fotografi untuk upload gambar di media sosial.

Fotografi alam menjadi salah satu daya tarik yang cukup digemari karena alam terus berubah dari waktu ke waktu. Tak heran, memotret pemandangan alam biasanya dilakukan agar objek dapat diabadikan dalam waktu lama.

Teknik Fotografi Alam Untuk Pemula

Teknik fotografi perlu diaplikasikan dengan baik saat kamu ingin mengabadikan moment. Tak harus jadi profesional untuk bisa memotret gambar yang indah. Cobalah untuk memulai dengan mempelajari beberapa tips fotografi sederhana. Sebagai pemula, kamu bisa mulai dengan memperhatikan teknik fotografi alam berikut ini.

Agar tetap segar dan sehat, selalu bawa Kahf Oil and Acne Care Face Wash untuk membersihkan kulit wajah dan Kahf Relaxing Hair and Body Wash untuk membersihkan tubuh.

1. Buat cerita dari objek foto

Fotografi adalah seni yang bisa diciptakan oleh siapa saja dan di mana saja. Banyak pria yang memilih hobi fotografi alam dan aktif di dalam komunitas. Daya tarik alam yang tidak ada habisnya bisa memberikan banyak ide dan inspirasi. Jadi, perhatikan alam di sekitarmu untuk menemukan sebuah frame yang menarik untuk diabadikan dalam gambar.

2. Perhatikan pencahayaan

Banyak yang menyebutkan bahwa teknik fotografi dengan pencahayaan di luar ruangan akan lebih terasa alami. Memang benar, cahaya matahari di pagi dan sore hari biasanya memberikan lebih banyak inspirasi fotografi yang indah. Kamu bisa lebih banyak bereksplorasi, termasuk dengan membuat foto siluet. Coba arahkan lensa kamera ke arah objek yang berada di depan sumber cahaya. Dijamin, hasil fotonya akan terlihat cantik dan estetis.

3. Tentukan komposisi foto

Komposisi foto menjadi salah satu kunci utama yang perlu diperhatikan agar gambar yang kamu ambil terlihat menarik. Ada banyak preferensi yang digunakan orang untuk menentukan komposisi gambar. Namun, komposisi simetris dan rule of third biasanya menjadi patokan saat kamu ingin mengambil gambar lansekap alam yang terlihat luas.

Saat traveling, kamu bisa mengeksplorasi area sekitar untuk memotret bentang alam seperti pegunungan, savana, atau pantai. Bagi yang menyukai travel photography, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. Agar tetap segar dan sehat, selalu bawa Kahf Oil and Acne Care Face Wash untuk membersihkan kulit wajah dan Kahf Relaxing Hair and Body Wash untuk membersihkan tubuh.

4. Memotret tanpa lampu flash

Kembali ke faktor pencahayaan, bagaimana jika ingin memotret di malam hari? Kamu bisa saja menggunakan flash pada kamera, tapi eksplorasi pengaturan aperture, shutter, dan ISO akan membuat gambar jadi lebih menarik. Fitur-fitur tersebut tidak hanya bisa ditemukan pada kamera profesional, tapi juga pada kamera digital dan bahkan smartphone. Jangan takut untuk mencobanya! Siapa tahu, kamu dapat ciri khas fotografi yang unik dari sekedar iseng-iseng.

5. Perhatikan jarak antara objek dan lensa

Berbeda dengan pengambilan gambar objek berupa gambar diam, kamu harus lebih tekun memperhatikan objek di sekitarmu. Saat memotret pemandangan alam, mungkin kamu ingin memotret ombak atau kawanan hewan. Pada kesempatan seperti ini, kamu yang perlu menyesuaikan jarak lensa dengan pusat objek. Kamu tidak bisa memindahkan posisi objek yang diinginkan sehingga lensa kamera harus diarahkan dengan tepat agar objek tidak keluar dari frame.

6. Atur fokus pada satu titik

Bagaimana cara mengatur fokus pada kamera? Untuk jenis kamera SLR/DSLR, kamu bisa memilih pengaturan autofocus yang memang didesain untuk pemula. Fungsi autofocus biasanya juga terdapat pada kamera smartphone yang akan aktif hanya dengan cara diketuk (tap). Jika sudah terbiasa mengatur fokus, kamu bisa mulai mengganti pengaturan manual focus. Titik fokus bisa dipindahkan sesuai objek yang ingin kamu ambil di dalam satu frame.

7. Berlatih dengan kamera yang ada

Kamera apa yang cocok untuk fotografi alam? Pada dasarnya, kamu bisa menggunakan semua jenis kamera, baik kamera analog, kamera pocket, SLR/DSLR, disposable camera, atau kamera smartphone. Masing-masing kamera memiliki karakteristik pengoperasian yang berbeda. Namun, kamu bisa berlatih dengan beragam fitur untuk mendapatkan hasil sesuai harapan.

Fotografi dapat menjadi sebuah hobi yang sangat menyenangkan untuk dapat menyadari kebesaran Tuhan. Kamu bisa menciptakan kisah tentang alam dan kehidupan dalam sebuah gambar. Di dalam Islam, hal ini bisa mempererat hubungan antara manusia dengan Allah yang disebut dengan hablum minallah. Berbekal kamera yang ada, kamu bisa mulai mencoba tips fotografi dan mencari teknik yang paling sesuai dengan keinginan. Selamat mencoba!

Related Product

No Comments

LEAVE A COMMENT

X