• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub

NEW: Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub

  • No products in the cart.

Programmer adalah salah satu profesi yang semakin dibutuhkan di era digital seperti sekarang. Tidak heran kalau gaji programmer pemula saja bisa membuat lulusan baru tergiur untuk terus mengembangkan karier. Secara sekilas, profesi ini mungkin terkesan rumit. Namun, profesi yang cukup menjanjikan ini juga membuat banyak orang tergiur untuk belajar coding.

Belajar coding online menjadi salah satu alternatif yang juga bisa kamu coba jika memang tidak mengambil program studi pemrograman. Sekolah coding bahkan sudah bisa diajarkan sejak usia anak-anak yang biasanya mencoba membuat game atau program sederhana. Tak hanya untuk pekerjaan, belajar coding juga bisa dijadikan sebagai hobi.

Tips Belajar Coding Pemula yang Perlu Diperhatikan

Selain populer dengan profesi yang menjanjikan, belajar coding juga bermanfaat agar kamu bisa memperbaiki masalah sederhana pada gadget. Jadi, kamu tidak perlu panik jika ada program yang tiba-tiba error di komputer, laptop, atau smartphone. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, berikut ini 7 tips belajar coding untuk pemula yang ingin jadi programmer.

Karena itu, gunakan deodoran seperti produk Kahf Soothing Antiperspirant Deodorant yang mampu mengurangi bau badan hingga 48 jam.

1. Belajar dan Mengerti Bahasa Inggris

Programmer sebaiknya menguasai keterampilan bahasa Inggris, setidaknya pemahaman kosakata sederhana. Hal ini tidak wajib, tapi kamu akan lebih mudah mempelajari dan mencoba tutorial sederhana untuk mengotak-atik sistem pemrograman. Jika ada perintah yang tidak kamu mengerti saat belajar coding, coba cari terjemahannya.

2. Tentukan Tujuan Belajar

Apakah kamu ingin bekerja sebagai freelance programmer? Apakah ingin menekuni aplikasi pemrograman Android atau hanya ingin belajar coding sebagai hobi? Hal ini penting untuk dapat kamu tentukan sejak awal memulai sekolah coding atau pelatihan sejenisnya. Ada banyak sekali ragam bahasa pemrograman yang bisa dipelajari. Jadi, cobalah untuk mulai satu per satu.

Programmer setidaknya perlu menguasai bahasa pemrograman dasar seperti Python, JavaScript, atau HTML/CSS. Pengaplikasiannya berbeda-beda dan perlu diperhatikan agar sesuai dengan tujuanmu belajar. Sederhananya, belajar coding untuk membuat aplikasi gaming dan situs web membutuhkan keterampilan yang berbeda. Karena itulah, penting untuk mengetahui tujuanmu belajar agar bahasa pemrograman yang digunakan tidak salah.

3. Teliti dan Tekun

Tidak semua orang bisa melakukan aktivitas programming tanpa kesalahan dalam satu rangkaian proses yang sudah dimulai. Ada kalanya, program yang sudah kamu buat malah tidak berfungsi atau error. Kamu harus bisa menemukan kekurangan dari program yang sudah kamu buat sendiri. Oleh karena itu, ketekunan dan ketelitian sangat penting bagi seorang programmer.

Tanpa disadari, mungkin kamu akan membutuhkan waktu berjam-jam di depan komputer. Meski melakukan aktivitas di dalam ruangan, proses metabolisme tubuh tetap akan membuat tubuh berkeringat. Karena itu, gunakan deodoran seperti produk Kahf Soothing Antiperspirant Deodorant yang mampu mengurangi bau badan hingga 48 jam. Kamu akan terhindar dari bau badan dan tetap bisa melakukan aktivitas dengan nyaman.

4. Mengenal Coding dari YouTube

Baru mau mengenal coding sebagai hobi? Saat ini, semua hal sudah bisa dipelajari dengan lebih mudah dan praktis secara online. Belajar coding online bisa dimulai dengan melihat tutorial di YouTube. Kamu bisa mencari kata kunci yang sesuai, misalnya “Tutorial coding untuk membuat website” agar lebih fokus memilih spesialisasi kemampuan yang diinginkan.

5. Mencoba Situs Interaktif

Selain konten dari kanal YouTube, ada banyak situs interaktif yang bisa kamu gunakan untuk mulai jadi programer. Jika sudah mulai serius menekuni pemrograman, situs interaktif bisa membantu kamu untuk belajar dari tahap dasar dengan panduan yang lebih teratur. Materi yang ditemukan dalam situs interaktif biasanya sudah berupa paket kursus sehingga kamu bisa mempelajari rangkaian paket belajar lengkap sekaligus.

6. Mempelajari Hasil Coding Orang Lain

Programmer juga harus mampu mengubah bahasa pemrograman menjadi sebuah program atau tampilan situs yang dimengerti orang awam. Dalam hal ini, kamu bisa belajar dari hasil coding orang lain untuk mengetahui modifikasi dari program yang sudah pernah dibuat. Hal ini mungkin juga bermanfaat agar kamu tidak melakukan kesalahan saat membuat program. Kamu juga bisa membantu memperbaiki jika ada kekurangan dari coding yang dibuat.

7. Cari Mentor atau Komunitas

Proses belajar akan lebih mudah saat kamu mendapatkan teman berdiskusi atau mendapat feedback atas proses belajarmu. Kamu bisa mulai mencari teman atau siapa saja yang bisa dijadikan sebagai mentor atau bergabung di dalam komunitas programming. Kamu bisa mengembangkan kemampuan programming dengan lebih tajam bersama orang-orang yang memiliki ketertarikan di bidang yang sama.

Meski melakukan aktivitas di dalam ruangan sebagai seorang programmer, bukan berarti kulit wajahmu bebas dari kotoran. Tetaplah rutin menjaga kesehatan wajah dengan Kahf Skin Energizing and Brightening Face Wash atau Kahf Oil and Acne Care Face Wash agar wajah tetap segar, bebas minyak, dan tidak berjerawat.

Belajar coding bisa dimulai dengan beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan sendiri. Mulailah dengan mengembangkan kemampuan diri dan terus belajar untuk dapat menjadi programmer yang andal. Jadi, kamu sudah menentukan ingin jadi programmer seperti apa?

Related Product

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X


LEAVE A COMMENT