• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

orang dengan kulit wajah yang mengalami breakout

Lo pernah gak sih komedoan atau bahkan jerawatan tepat setelah mencoba produk baru? Jika iya, pastinya lo bertanya-tanya apakah hal ini merupakan proses purging atau breakout. Keduanya memang punya kemiripan, namun sebenarnya perbedaan purging dan breakout itu cukup mendasar. 

Karena itu, bagi lo yang belum tau gimana cara membedakan purging dan breakout, simak penjelasan lebih jauhnya berikut! 

Perbedaan Purging dan Breakout

orang dengan kulit wajah berjerawat

Sebenarnya, apa perbedaan purging dan breakout itu cukup gampang buat lo kenali. Hal ini karena purging adalah reaksi positif, sedangkan breakout adalah reaksi negatif. Lebih jauhnya, kenali pengertian kedua istilah tersebut pada penjelasan di bawah ini! 

1. Skin Purging 

Ada komedo atau jerawat yang muncul saat lo pakai produk skincare baru? Jangan panik dulu karena itu bisa saja merupakan reaksi purging. Reaksi ini terjadi saat lo memakai produk yang ampuh untuk membuat regenerasi kulit berjalan lebih cepat. Karena itu, komedo dan jerawat bisa muncul lebih cepat juga. 

Jadi, kalau lo bertanya-tanya soal apakah purging berbahaya, hal ini sebenarnya gak membahayakan. Pada umumnya, kondisi kulit lo akan membaik hanya dalam hitungan 4-6 minggu. Bahkan, kulit baru hasil regenerasi ini akan terlihat lebih smooth dan sehat. Artinya, skincare lo berhasil. 

Karena itu, bila lo penasaran apakah purging itu bagus, kondisi ini gak buruk. Karena itu berarti produk yang lo gunakan work di kulit lo. Reaksi ini terjadi hanya karena ada penolakan sementara sebelum pada akhirnya kulit lo terbiasa. 

Hal ini biasanya terjadi saat lo memakai produk dengan senyawa aktif yang cukup keras. Beberapa di antaranya adalah AHA, BHA, retinol, benzoil peroksida, vitamin C, dan berbagai bahan aktif asam.[1]

2. Skin Breakout 

Berbeda dengan purging, breakout adalah reaksi negatif yang cukup membahayakan kulit. Reaksi ini biasanya terjadi karena lo memakai skincare comedogenic yang rentan menyumbat pori.[2] Tapi, gak jarang ini terjadi karena lo kurang cocok dengan produk tersebut atau ada bahan yang memicu alergi. 

Meskipun reaksinya mirip, tapi ada perbedaan purging dan tidak cocok yang gampang buat lo kenali. Cara paling mudah adalah dengan di mana jerawat itu muncul. Jika di tempat biasa jerawat-jerawat lo sebelumnya muncul, maka itu adalah purging. Tapi, jika di tempat yang gak biasa, itu artinya breakout

Selain itu, penyembuhan kulit dari breakout juga lebih lama dari skin purging. Jadi, jika jerawat lo sudah ada lebih dari 6 minggu, artinya lo gak cocok sama skincare tersebut. 

Contoh Wajah Purging dan Breakout

orang dengan kulit wajah berjerawat

Setelah tau perbedaannya, lo juga wajib paham bagaimana contoh kedua kondisi kulit ini. Sebenarnya, dari penjelasan di atas lo udah bisa narik kesimpulan tentang contoh purging. Kondisi ini ditandai dengan jerawat atau komedo di area yang sudah biasa dan akan sembuh dalam 4-6 minggu. 

Di samping kedua masalah kulit tersebut, lo juga akan mengalami kulit mengelupas. Hal ini karena produk yang lo pakai menyebabkan kulit jadi lebih kering. 

Sedangkan contoh breakout adalah jerawat yang muncul di tempat baru dan semakin memburuk dari waktu ke waktu. Selain itu, muncul juga kemerahan pada kulit wajah karena ada peradangan. Jika parah, akan diikuti dengan gatal dan perubahan tekstur kulit. 

Tips Mengatasi Skin Purging dan Breakout

orang yang sedang mencuci wajah

Ketika mengalami purging, lo bisa terus memakai produk skincare yang lagi lo gunakan. Hal ini berbeda dengan saat lo mengalami breakout. Breakout yang lo alami biasanya karena ada reaksi negatif. Ini terjadi sebab gak cocoknya produk lo atau ada bahan yang membuat alergi, sehingga lo harus berhenti memakai produk tersebut dan mulai mencari produk lain. 

Meskipun cara penyelesaiannya itu berbeda, tapi tips mengatasinya secara garis besar akan sama. Lo hanya perlu membersihkan kulit secara rutin dan menjaganya agar tetap terhidrasi. Jadi, jangan pernah melupakan skincare basic seperti pemakaian face cleanser, sunscreen, dan moisturizer

Pastinya, lo wajib memilih produk skincare yang aman untuk lo pakai saat purging maupun breakout, misalnya seperti produk Kahf Skin Energizing & Brightening Face Wash. Produk dari Kahf ini merupakan sabun pembersih wajah dengan kombinasi HydroBalanceTM dan juga Pure Cleanse. 

Perpaduan kedua bahan tersebut dapat menjadikan kulit wajah lebih bersih dan lembap secara menyeluruh hingga ke pori-pori. Selain itu, ada juga kandungan ekstrak Moroccan Mint dan Mediterranean Grapefruit. Keduanya, ampuh untuk membuat kulit terasa lebih segar. 

Gak cuma itu aja, lo juga bisa punya wajah yang lebih cerah karena formulasi facial wash ini ringan, sehingga cocok untuk semua jenis kulit. Ini termasuk kulit berminyak dan sensitif yang lebih rentan untuk terkena purging dan breakout. Jadi, gimana? Sudah tau apa saja perbedaan purging dan breakout? Keduanya merupakan masalah kulit yang pastinya ingin segera buat lo atasi. Karena itu, pastikan buat memakai produk skincare yang tepat dan bisa mencegah kedua reaksi tersebut seperti produk-produk dari Kahf!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X