• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

seorang pria yang menggantungkan handuk di leher

Sebagai bagian dari masyarakat yang tinggal di negara tropis, lo pasti setuju kalau mandi itu hukumnya wajib, setidaknya satu hingga dua kali sehari. Ketika mandi, ada dua variasi air yang bisa lo pilih, yaitu air panas dan air dingin. Tapi, tau gak sih kalau manfaat mandi air dingin itu lebih banyak dari air panas? 

Selain menyegarkan, mandi dengan memakai air dingin atau cold shower juga menyehatkan. Penasaran apa saja manfaat mandi air dingin untuk kulit dan tubuh jika lo bandingkan dengan air panas? Semua jawabannya ada pada penjelasan di bawah! 

1. Mengurangi Efek Kulit Iritasi dan Kekeringan

seorang pria yang mengalami iritasi kulit

Paparan air ke kulit dalam waktu singkat memang menyegarkan dan ampuh untuk menghidrasi jaringan terluarnya. Tapi, jika paparan air tersebut berlebihan, maka fungsi pelindung kulit bisa saja terganggu dan rusak. Kerusakan ini akan terasa semakin parah ketika lo memakai air panas.[1]

Maka dari itu, cold shower bisa jadi pilihan terbaik yang bisa lo coba. Karena gak cepat merusak lapisan pelindung kulit, cold shower bisa mencegah iritasi. Selain itu, kulit lo juga gak cepat kering karena sel-sel keratin yang ada lapisan terluar kulit epidermis gak rusak jika suhu airnya gak terlalu panas. 

Jadi, jika lo ingin tau apakah mandi air dingin bagus, secara garis besar suhu yang dingin memang lebih bagus daripada suhu panas. Namun, pastikan suhunya gak lebih rendah dari 21° Celsius, ya! Hindari juga untuk mandi dengan memakai air es karena akibatnya sama, atau bahkan lebih buruk, dari air panas. 

2. Meningkatkan Sistem Imun dari Flu

seorang pria yang sedang membuang ingus ke tisu

Ada banyak orang yang beranggapan jika cold shower bisa membuat lo rentan terkena flu. Tapi ternyata, faktanya malah sebaliknya. Sebab, berdasarkan penelitian, seseorang bisa lebih jarang sakit ketika rutin melakukan cold shower. Khususnya sakit akibat flu biasa.[2]

Secara garis besar, manfaat mandi air dingin di sore hari dan di pagi hari itu sama saja. Keduanya, bisa sama-sama membuat sistem imun lo lebih kuat dari serangan virus penyebab flu. Sayangnya, hingga kini masih belum ada penelitian yang menunjukkan jika cold shower bisa mencegah penyakit yang lebih serius dari itu. 

3. Mengurangi Nyeri Otot Lokal

seorang pria yang memegang leher

Ketika merasa pegal-pegal dan nyeri otot, kebanyakan dari lo pasti berpikir kalau obatnya adalah mandi air panas. Tapi ternyata, cold shower juga bisa mengatasinya. Sebab, rasa dingin ampuh untuk mengganggu persepsi otak terhadap rasa sakit. Inilah salah satu manfaat mandi air dingin untuk otot. 

Jadi, jika tujuannya ingin otot lebih rileks, air panas bisa jadi pilihan. Namun, bila tujuannya agar rasa sakit berkurang, lebih baik lakukan cold shower karena akan lebih efektif. 

4. Mengurangi Stress

seorang pria yang sedang merasa stress

Ternyata, cold shower gak cuma bermanfaat untuk kesehatan psikis saja. Sebab, berdasarkan penelitian, aktivitas ini juga punya pengaruh cukup besar terhadap kondisi psikis seseorang. 

Pada dasarnya, manfaat mandi air dingin di malam hari maupun di siang hari terhadap kondisi psikis lo itu gak jauh beda. Kapan pun waktunya, aktivitas ini bisa membuat mood lo meningkat dan perasaan anxiety lo berkurang.[3] Jadi, gak heran kalau cold shower terkenal sebagai obat stress yang cukup mujarab. 

5. Meningkatkan Metabolisme

metabolisme di dalam tubuh

Karena kulit lo akan terpapar oleh suhu dingin, sel dan jaringan kulit akan berusaha untuk tetap merasa hangat. Karena itu, metabolisme di dalam tubuh pun otomatis akan meningkat. 

Bahkan, ada aktivitas pembakaran kalori yang mungkin terjadi. Hanya saja, perlu penelitian lebih jauh untuk meyakini kebenaran teori ini. Jadi, jangan hanya mengandalkan cold shower untuk menurunkan berat badan. 

6. Mengurangi Risiko Penyumbatan Aliran Darah

sirkulasi darah yang tersumbat

Seperti apa yang sudah dijelaskan pada section sebelumnya, ketika melakukan cold shower kulit akan berusaha mempertahankan suhu inti selnya. Hal inilah yang merangsang sel tubuh lo untuk meningkatkan sirkulasi aliran darah. 

Alasan lainnya adalah karena suhu dingin bisa membuat pembuluh darah menegang (vasokonstriksi). Ketika itu terjadi, darah akan berpindah dari pembuluh ke inti tubuh dan organ vital lo. Ketika pembuluh darah kembali melebar, darah yang keluar jadi lebih kaya akan nutrisi dan oksigen. 

Menariknya, ada banyak waktu yang tepat untuk mandi air dingin, khususnya di pagi hari. Dengan aktivitas ini, lo bisa merasa lebih segar dan bertenaga seharian. Terlebih jika lo memakai sabun yang tepat, misalnya seperti produk Kahf Pembersih Tubuh Pencerah dan Pendingin

Sabun ini sangat cocok untuk kulit kering karena mengandung hydro balance yang mampu memberikan kelembaban ekstra pada kulit. Hal ini bisa membuat kulit lebih terhidrasi secara maksimal, lembab, serta terbebas dari masalah penyakit kulit kering dan iritasi. Jadi, jangan lupa untuk memakai produk sabun unggulan dari Kahf ini agar mendapatkan manfaat mandi air dingin dengan lebih maksimal. Gak cuma itu saja, aromanya juga bisa membuat lo lebih rileks dan ampuh menyegarkan tubuh dan pikiran.

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X