• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

potongan lidah buaya

Banyak orang fokus pada benefits lidah buaya yang bisa menenangkan kulit. Tetapi, apa lo tahu kalau ternyata ada lumayan banyak manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa lo gunakan untuk hair care di rumah?

Melalui ulasan ini, lo bisa lebih mengenal tanaman ini dan seperti apa sih manfaatnya untuk rambut yang lebih sehat.  

Mengenal Lidah Buaya

nampan berisi lidah buaya, madu, dan lilin

Tanaman yang terlihat seperti kaktus ini mungkin bisa lo temukan di lingkungan sekitar rumah. Biasanya gak sedikit masyarakat yang menanamnya sebagai tanaman hias di halaman. Tanaman dengan dominasi warna hijau ini merupakan tumbuhan dari suku Liliaceae

Gak hanya di Indonesia, aloe vera juga bisa lo temukan di dataran Afrika hingga Eropa. Ini karena aloe vera cocok untuk tumbuh di iklim yang kering dan panas. [1] Saat ini ada sekitar 300 jenis aloe vera di dunia, namun hanya 3 yang dibudidayakan secara komersil. 

Salah satunya, Curacao aloe (Aloe barbadensis Miller). Gel aloe vera sendiri terdiri dari 98% air dan sisanya merupakan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, gula, 20 asam amino, asam lemak, hingga enzim.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

seorang pria dengan janggut menatap secara ekspresif

Terlepas dari fungsinya yang bisa memberikan efek calming dan melembabkan kulit, ternyata gel ini juga punya potensi manfaat yang bagus dalam rangkaian hair care. 

1. Menunjang Pertumbuhan Rambut 

seorang pria tersenyum sambil memegang rambut

Penelitian dari Universitas Mulawarman menunjukkan bahwa aloe vera punya potensi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan gel lidah buaya ini juga cocok untuk diformulasikan dalam serum. [2]

Lidah buaya bisa memanjangkan rambut dengan cepat karena mengandung fatty acids dan amino acids yang berperan penting dalam kesehatan folikel rambut. 

2. Mengurangi Rambut Berminyak 

seorang pria menggaruk kepala

Kelembaban kulit kepala perlu lo jaga untuk menjaga rambut gak berminyak. Kalau lo sering mengalami rambut berminyak, lo bisa coba produk dengan kandungan aloe vera. Gel dari tanaman ini membersihkan kulit kepala dengan efisien dan bisa mengurangi ekstra sebum. [3]

Rambut berminyak cenderung lepek dan bisa memicu munculnya ketombe. Kandungan enzim di tanaman ini juga dapat membantu memecah lemak, sehingga minyak di rambut berkurang.  

3. Meredakan Gatal pada Kulit Kepala 

seorang pria memijat kulit kepala

Lo pasti pernah kan merasa kulit kepala gatal? Kondisi ini sering terjadi saat cuaca panas dan produksi keringat berlebih. Ini membuat rambut lebih lepek dan kulit kepala gatal. Selain itu, faktor lainnya ada ketombe dan sebum berlebih.

Lidah buaya punya calming effect yang bisa lo andalkan. Sebuah studi menemukan bahwa aloe vera membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala akibat ketombe.[3] Alasannya, fatty acids di tanaman ini punya kandungan anti inflammatory.

4. Melindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari

seorang pria naik sepeda dan memakai kacamata

Sinar matahari ternyata gak cuma berdampak negatif buat kulit saja, tetapi juga rambut. Paparan sinar matahari yang berlebihan justru bisa menghilangkan kilau alami rambut 

Rambut juga cenderung berwarna merah seperti tidak sehat. Aloe vera bisa berperan sebagai barrier antara rambut dengan sinar matahari.

Cara Memanfaatkan Lidah Buaya untuk Rambut

tanaman lidah buaya di pot

Melihat beberapa manfaat yang dijelaskan di atas, mungkin lo tertarik untuk memanfaatkan tanaman ini? Cek beberapa cara menggunakan lidah buaya untuk rambut berikut.

1. Sampo Tradisional 

gel lidah buaya dalam wadah

Jika biasanya lo pakai sampo modern yang identik dengan banyak busa, maka lo bisa coba go green dengan mengekstrak gel lidah buaya. Lo bisa pakai gelnya buat keramas.

Ada dua opsi yang bisa lo coba yakni apply gel secara langsung atau campur gel dengan air sebelum mengaplikasikan ke rambut. Pastikan lo gak lupa membilas rambut setelah memakai sampo tradisional ini, ya!  

2. Conditioner Alami

gel aloe vera di dalam mangkuk

Cara memakai lidah buaya untuk rambut selanjutnya dengan membuat conditioner alami. Caranya terbilang mudah yakni campurkan gel lidah buaya dan air. Masukkan campuran tadi ke dalam botol dan kocok sampai tercampur. Lo tinggal semprot untuk pakai conditioner alami ini. 

Ingat, gel ini gak punya usia panjang, kalau sudah lo ekstrak, sebab gak ada kandungan pengawet. Jadi, pastikan membuat conditioner secukupnya.  

3. Masker Rambut  

potongan lidah buaya, gel lidah buaya di atas sendok dan botol kosong

Produk hair care lain adalah masker rambut. Cara pembuatannya gak terlalu sulit, karena lo hanya perlu dua bahan yakni minyak zaitun dan gel lidah buaya segar. 

Campur kedua bahan tadi dan oles secara merata ke seluruh bagian rambut. Agar nutrisinya meresap, lo perlu mendiamkan masker ini selama beberapa menit. Setelahnya lo bisa  bilas deh

Lo mungkin gak ingin ribet membuat produk hair care sendiri? 

Gak perlu panik karena Kahf punya dua produk hair care yang bagus untuk rambut lo. Pertama, ada Kahf Advancing Beard & Hair Serum 30ml dengan kandungan Biotin, Advance Pro, dan Adenosine yang dapat mendukung pertumbuhan alami rambut. 

Produk kedua, Kahf Nourishing Beard & Hair Oil 30ml yang diformulasikan secara khusus dengan Moroccan Argan Oil, sehingga bisa menutrisi pertumbuhan rambut dan janggut kesayangan lo. Produk-produk ini akan membuat lo tetap tampil keren tanpa ribet! Semoga informasi terkait manfaat lidah buaya untuk rambut di atas berguna buat lo semua!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X