• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Seseorang menggunakan alat ekstraktor komedo untuk mengeluarkan komedo

Ada gak sih cara menghilangkan komedo di hidung yang praktis dan efektif? Soalnya pusing banget kalau udah ngurusin komedo hidung. Dipencet sih hilang, tapi gak lama pasti balik lagi.

Kalau lo udah cukup frustasi mengurusi masalah komedo, ada baiknya baca artikel ini.

Artikel ini bakal nunjukin bagaimana cara membersihkan komedo di hidung yang praktis dan efektif bikin komedo gak balik-balik lagi.

Kenalan dengan Komedo

Komedo di hidung

Komedo adalah sumbatan pada pori-pori kulit yang menonjol, biasanya terdiri atas campuran minyak dan sel kulit mati.

Kondisi ini sering terjadi, terutama pada orang yang secara genetik menghasilkan sebum atau minyak kulit lebih banyak dari normalnya. Istilahnya, kulitnya gampang berminyak.

Komedo terbagi jadi 2 kategori: putih dan hitam (whitehead and blackhead).

Warna hitam pada komedo, berarti minyaknya sudah teroksidasi oleh udara. Makanya biasanya muncul pada pori yang terbuka (atau komedo terbuka).

Kalau yang masih putih, berarti minyaknya belum teroksidasi oleh udara. Karena itu biasanya muncul di pori yang tertutup (alias komedo tertutup).

Lantas, kenapa komedo muncul di hidung?

Secara umum, penyebab komedo di hidung karena area T pada wajah (dahi, hidung, dagu) itu yang paling banyak kelenjar minyaknya. Apalagi hidung yang paling lunak di antara ke 3 wilayah wajah tersebut. Maka dari itu, banyak komedo yang keluar di hidung.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Setelah tahu apa itu komedo dan kenapa bisa muncul, lo bisa kira-kira bagaimana cara mencegah dan menghilangkan komedo tersebut.

Yup, betul. Intinya, yaitu dengan menjaga kebersihan wajah dari kotoran dan kulit mati, serta mengontrol minyak berlebih.

Caranya, bisa mengikuti tips berikut.

1. Jangan Pencet Komedo Pakai Tangan

Membersihkan komedo di hidung dengan ekstraktor komedo

Tahu sih, tangan lo pasti gatal pengin pencet kalau sudah lihat komedo di hidung. Tapi, itu bukan cara yang bagus untuk menghilangkan komedo.

Jangan tergoda cara menghilangkan komedo di hidung dengan cepat pakai teknik ini. Alih-alih, komedo lo malah meradang dan jadi jerawat yang malah lebih parah. Jadi, tips pertama, jangan pencet komedo pakai tangan langsung.

Bahkan, kalaupun lo pakai ekstraktor komedo, jangan tekan terlalu keras, karena risikonya sama: bisa malah meradang.

2. Cuci Muka Setiap Hari

Laki-laki mencuci muka untuk menghilangkan komedo

Cuci muka 2x sehari untuk kulit normal bisa mencegah komedo lahir dan beranak-pinak di hidung. Tapi, kalau tipe kulit lo berminyak, bisa tambah jadi 3x sehari atau sesuai kebutuhan.

Lebih efektif lagi kalau lo pakai skincare untuk menghilangkan komedo hidung khusus seperti Kahf Triple Action Oil and Comedo Defense Face Wash.

Ini sabun cuci muka yang spesial banget untuk memerangi komedo dan minyak berlebih. Kombinasi AHA-BHA-PHA plus charcoal-nya paling bisa buat serap minyak dan angkat komedo.

3. Uapi Muka dengan Air Hangat

Seorang laki-laki menguapi wajah

Suhu yang hangat bikin pori-pori kulit membesar untuk sementara. Jadinya, bakal lebih mudah untuk mengeluarkan komedo tanpa harus memencet terlalu keras.

Tapi, jangan terlalu sering juga karena bisa bikin kulit muka kering. Cukup tiap kali mau cuci muka dengan Kahf Triple Action, gunakan air hangat untuk menguapi wajah. 

Jadi, 2x sehari saja. Setelah selesai, pakai air dingin atau biasa lagi untuk menutup pori kembali.

4. Eksfoliasi Rutin

Seorang pria melakukan eksfoliasi

Ini penting banget untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang sudah bertumpuk. Gunakan sabun cuci muka khusus dengan scrub, seperti Kahf Gentle Exfoliating Scrub.

Kalau kulit mati terangkat, kulit muda di bawahnya akan menggantikan. Hasilnya, kulit gak kelihatan kusam, malah kelihatan muda dan cerah alami.

Tapi, eksfoliasi juga gak boleh terlalu sering. Kalau kulit lo tipe normal, harusnya 2x seminggu sudah cukup. 

Kalau keseringan, malah kulit jadi terlalu muda dan belum matang. Yang begini justru malah bikin sensitif dan mudah iritasi.

5. Perhatikan Pola Makan

Pola makan paleo dapat mencegah dan mengurangi komedo

Makanan berpengaruh banget ke muka. Secara umum, tipe makanan yang banyak gula dan lemak bikin sekresi atau pengeluaran minyak di kulit muka meningkat.

Secara khusus, komedo dan jerawat pada beberapa orang dapat terpicu oleh makanan tertentu seperti cokelat, kacang, bahkan produk olahan susu (dairy).

Cari tahu soal makanan comedogenic yang bisa trigger komedo di hidung lo. Kenali makanan dan efek tubuh lo kalau mengonsumsinya. Ini bakal sangat membantu untuk mengontrol komedo.

6. Hindari Menyentuh Muka dengan Tangan

Seorang laki-laki menyentuh wajah dengan tangan

Tangan gak sebersih yang lo kira. Banyak kotoran dan kuman yang mungkin gak tampak oleh mata, tapi sebenarnya ada di tangan.

Maka dari itu, jangan terlalu sering pegang-pegang muka pakai tangan. Apalagi kalau tangan lo memang kelihatan kotor. Gunakan tisu atau sapu tangan.

Kalau pun mau menyentuh wajah pakai tangan, selalu cuci tangan lebih dahulu dengan air sabun dan air mengalir. Ini pilihan yang aman karena selain melenyapkan kotoran, juga membunuh kuman yang gak kelihatan di tangan.

7. Bersihkan Muka dari Keringat

Seorang laki-laki melap keringat di wajah saat berolahraga

Kalau suka aktif di luar ruangan dan olahraga atau workout, muka lo pasti bakal sering keringatan.

Keringat yang mengendap bisa menyumbat pori dan memicu atau memperparah komedo. Kalau sudah keringatan, jangan tunggu sampai mandi baru lo bersihkan muka. Langsung saja bersihkan muka dengan tisu atau air bersih dan handuk.

Tips di atas efektif sebagai cara menghilangkan komedo di hidung secara mandiri dan praktis, tanpa lo harus ke dokter. Tapi, kalau kondisi sudah parah, mungkin lo perlu bantuan ahli untuk konsultasi. gak usah malu untuk itu. “#LanjutTerusBro dengan #JalanYangKupilih.

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X