• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Seorang pria sedang mencium tangan orang yang lebih tua.

Di tengah-tengah kesibukan, silaturahim telah menjadi kebiasaan yang diamalkan oleh masyarakat Indonesia, terutama oleh umat Islam saat menyambut Idulfitri.  Bukan hanya sekadar ritual untuk bertemu dengan keluarga dan kerabat, melainkan juga sebuah upaya untuk memperkuat keimanan.

Arti Silaturahmi dalam Islam

Dua orang pria sedang berjalan menuju masjid.

Apa itu Silaturahmi dalam Islam? Silaturahmi merupakan tindakan menjalin atau menyambung tali persaudaraan dengan para saudara dan kerabat yang masih senasab atau masih ada hubungan darah.[1] 

Seperti yang tertuang dalam hadis silaturahim, Allah SWT dalam Al-Qur’an dan Hadis secara tegas memerintahkan umat Islam untuk menjaga silaturahmi guna mendapatkan rida Allah SWT untuk masuk surga.

Hadits Ibnu Majah Nomor 3242:

“Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, shalatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.”

Makna Silaturahmi 

Dua orang pria sedang berbicara satu sama lain.

Walaupun telah diuraikan sebelumnya bahwa silaturahmi merupakan tindakan yang harus lo lakukan untuk meraih berkah, namun hal ini bukan berarti bahwa tindakan tersebut hanya lo lakukan semata-mata untuk berkah. Lebih dari itu, makna silaturahmi adalah mempererat kedekatan dengan kerabat. 

Silaturahim atau silaturahmi, bukan hanya menjadi momen untuk berkumpul dan bersenang-senang dengan sanak saudara. Lebih dari itu, silaturahmi merupakan pintu untuk menjalin kembali kehangatan serta memperbaiki hubungan yang mungkin renggang.

Komunikasi dua arah dengan bertatap muka dan berdialog secara langsung menciptakan ruang untuk saling memahami dan mendekatkan hati. Perasaan yang terpendam, uneg-uneg yang tertahan, semua bisa tersampaikan dengan lebih mudah.

Manfaat Silaturahmi 

Seorang pria sedang membaca Al-Qur'an.

Menjaga hubungan baik dengan sesama merupakan sebuah kewajiban sosial yang akan membawa keberkahan dan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya:

Menjadi Individu yang Lebih Mulia

Sebagaimana yang diajarkan dalam Islam, memperbaiki hubungan yang retak terhadap orang yang pernah berbuat salah atau menganiaya lo dianggap sebagai tindakan mulia. 

Nah, untuk itu, dengan menjalin silaturahmi bisa bantu lo menjadi orang yang lebih baik dan terpuji. Terutama kepada para individu yang hubungannya kurang baik dengan lo di masa lalu. 

Kelimpahan Rezeki dan Panjang Umur

“Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturahmi” (Hadits Riwayat Bukhari).

Lewat hubungan yang terjaga dengan baik dengan para kerabat berkat silaturahmi yang baik, pintu rezeki lo akan terbuka lebar. Gak hanya itu, kebahagiaan dan kedamaian dalam hubungan sosial yang lo punya juga bisa berdampak positif pada kebahagiaan dan juga kesehatan lo. 

Bagaimana Cara Menyambung Tali Silaturahmi?

Seorang pria sedang melakukan video call untuk silahtuhami.

Agar hubungan dengan para kerabat dapat terus terjalin dengan baik dan gak terputus seiring waktu, berikut beberapa hal yang bisa lo ambil:

1. Gunakan Teknologi

Jarak dan waktu bisa menjadi penghalang yang buat lo gak sempet buat silahtuhami secara langsung ke para kerabat. 

Untungnya, di dunia modern saat ini, lo bisa mengusahakan silaturahmi dengan bantuan teknologi untuk tetap terhubung dengan keluarga dan kerabat. Contohnya lo bisa memanfaatkan pesan teks singkat atau video call. 

Gak perlu selalu melakukan pembicaraan atau mengirimkan pesan yang panjang lebar. Upaya kecil yang sederhana seperti menyapa dan menanyakan kabar udah bisa  bantu lo menjaga hubungan baik dengan keluarga dan kerabat.

2. Menyampaikan Doa 

Menyampaikan doa terutama di momen spesial para kerabat atau orang terdekat juga bisa bantu jaga hubungan baik. Gunakanlah kata-kata yang baik, penuh dengan harapan, kebaikan, dan berkah saat mendoakan sesama. Hindari kata-kata yang negatif bahkan merugikan.

Doa yang lo ucapkan dengan tulus serta penuh keyakinan akan menciptakan suasana yang hangat dan penuh cinta di antara lo dan orang-orang terdekat. 

3. Memberikan Hampers

Selain komunikasi verbal dan tertulis, tindakan seperti memberi hadiah dalam bentu hampers juga bisa lo lakukan sebagai teknik menjalin hubungan yang harmonis.  Apalagi di momen istimewa seperti menjelang Idulfitri saat ini, pemberian hampers menyiratkan kepedulian lo terhadap para sanak saudara. 

Untuk memberikan kesan yang lebih baik, pemilihan hampers tentunya gak bisa sembarangan. Lo bisa menyesuaikan kebutuhan penerima dengan jenis hampers yang mau lo kasih. 

Hampers Kahf: Kekinian dan Harga Murah

Buat lo yang lagi cari hampers untuk kerabat cowok yang suka merawat diri, lo bisa nih kasih hampers dari Kahf. Ada Kahf Paket Personal Care dan paket SPECIAL The Discovery Hub dari Kahf. Tersedia dalam banyak varian, lo bisa sesuaian aja sama kebutuhan penerima.

Tenang! Dengan desain produk Kahf yang kekinian, hampers Kahf ini kelihatan mewah dan menarik. Meskipun demikian, bundle set dari Kahf yang bisa lo pilih buat hampers ini tetap ramah di kantong. Gak bakal buat lo makin boncos menjelang hari raya deh!Tunggu apalagi? Buruan check out pilihan bundle dari Kahf ini sekarang juga sebelum kehabisan! Jangan lewatkan kesempatan untuk menjalin silaturahim yang lebih dekat hanya dengan Kahf!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X