• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Seorang pria berkain sorban sedang duduk bersila dan memegang gelas ingin membatalkan puasa.

Meskipun tujuan utamanya adalah melaksanakan ibadah, bonus yang bakal lo dapatkan dari puasa ternyata gak cuma pahala, tapi juga kesehatan. Gak cuma satu atau dua aja, manfaat puasa yang bisa lo dapatkan terkait kesehatan ini, tapi cukup banyak. 

Nah, mau tahu gak apa kelebihan-kelebihan yang bisa lo dapat dari melakukan puasa ini? Ini 10 manfaat puasa terkait kesehatan yang bisa lo dapetin:

1. Mengurangi Berat Tubuh

Seorang pria gendut sedang memegang lemak di perutnya.

Nah, apa saja manfaat dari puasa ini? Pertama, puasa akan bantu lo mengatasi problematik berat badan yang terlalu over

Memang benar kalau hal ini tergantung dari banyaknya asupan yang lo konsumsi selama puasa. Untuk asupan makanan yang berlebihan selama puasa tentu saja hasilnya berat badan lo akan naik. 

Namun demikian, untuk asupan makanan yang sifatnya mengimbangi kebutuhan energi tubuh lo selama puasa, puasa bisa bantu lo mengurangi berat tubuh. Dari penelitian yang udah ada, untuk pria berat badan bisa turun sejauh 1,2 – 1,5 kg.[1]

2. Menurunkan Gula Darah 

Seorang pria sedang duduk sambil tersenyum.

Untuk orang dengan kondisi kesehatan Diabetes Mellitus, manfaat puasa Ramadan yang lo bisa dapatkan adalah turunnya gula darah. Hal ini bisa terjadi lantaran adanya penurunan konsumsi kalori yang lo makan selama puasa.[2]

3. Mengurangi Inflamasi di Dalam Tubuh 

Seorang pria sedang duduk sambil menahan rasa sakit

Perlu lo ketahui, perdagangan atau inflamasi di tubuh, sebetulnya bisa jadi alarm yang sangat berguna seperti adanya sebuah infeksi. Namun, inflamasi yang kronis bisa menjadi pemicu penyakit yang lebih serius seperti jantung, diabetes, bahkan kanker. 

Nah, puasa bisa bantu lo mengurangi inflamasi ini. Berkurangnya asupan kalori yang masuk ke tubuh lo berkontribusi pada peningkatan sebuah senyawa bernama arachidonic acid. Nah, senyawa ini punya sifat mengurangi proses inflamasi dalam tubuh.[3]

4. Bantu Menurunkan Tekanan Darah 

Seseorang sedang memeriksa tekanan darahnya.

Tahu gak lo kalo tekanan darah yang tinggi berisiko meningkatkan peluang akan penyakit jantung dan stroke? 

Nah, manfaat puasa untuk kesehatan yang lainnya adalah bisa bantu lo jaga tekanan darah. Selain karena berkurangnya kalori, sistem saraf yang berada dalam keadaan lebih rileks selama puasa juga jadi alasan tekanan darah lebih turun selama puasa. 

5.  Detoksifikasi

Seorang pria sedang lari pagi dengan menggunakan earphone.

Selain tekanan darah yang turun, selama puasa ada banyak hal yang terjadi di tubuh lo. Salah satunya adalah meningkatnya produksi enzim yang bantu dalam pembersihan tubuh atau detoks.[4]

Lewat detoksifikasi, sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan lebih baik dan beban kerja organ seperti hati bisa dikurangi. 

6. Meningkatkan Daya Ingat

Seorang pria berkacamata sedang menatap layar laptop.

Pembatasan pola makan selama puasa, terlebih dengan pengendalian dan pembatasan kalori bisa bantu meningkatkan daya ingat. Gak hanya itu, pembatasan pola makan ini juga bisa bantu melindungi otak lo dari penyakit saraf otak seperti Alzheimer dan Parkinson.[5]

7. Menekan Hasrat Makan

Seorang pria tidak tertarik dengan makanannya.

Ternyata jeda makan selama 10 jam dapat membantu lo mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.[6]

Nah, ketika nafsu makan berkurang, orang akan cenderung makan lebih sedikit. Nah, hal ini bantu lo menurunkan berat badan. Terutama, jika lo memiliki kelebihan berat badan atau obesitas dan sering kesulitan membatasi makanan yang masuk ke tubuh karena nafsu yang besar. 

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Seorang pria sedang tertidur lelap di tempat tidur.

Ketika tubuh berpuasa, produksi orexin-A meningkat pada siang hari.[7] Orexin-A adalah zat pengirim pesan di otak yang membuat tubuh tetap waspada dan siaga.

Dengan tingkat orexin-A yang lebih rendah pada malam hari, tubuh cenderung lebih mudah terlelap dalam tidur yang nyenyak, seiring dengan kesadaran yang lebih rendah.

9. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Seorang pria sedang duduk dengan cemas.

Gak hanya kesehatan fisik, puasa juga bisa bantu lo jaga kesehatan mental, lebih tepatnya dengan bantu mengurangi tingkat kecemasan dan stres. 

Ada dua faktor yang bisa memengaruhi hal ini. Pertama, bisa karena turunnya berat badan yang bagi beberapa orang membuat stres. Kedua, karena jadwal makan yang lebih teratur selama puasa, ternyata membantu menyeimbangkan hormon kortisol yang mengatur stres.[8]

10. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Jerawat

Seorang pria dengan kulit wajah sehat dan bebas jerawat.

Pembatasan asupan kalori selama lo puasa bantu meningkatkan kesehatan skin barrier, menyamarkan kerutan, dan juga mengurangi stress oxidative.[9] Perlu lo ketahui stress oxidative memiliki peran awal yang bisa memicu kemunculan jerawat di kulit.[10]

Nah, guna mengoptimalkan manfaat puasa bagi kesehatan kulit ini, selain mengatur makanan yang dikonsumsi, lo juga bisa pakai produk perawatan dari Kahf. Dengan pilihan yang beragam dari face care hingga body care, lo bisa rawat badan lo dengan maksimal untuk penampilan di Hari Raya Idulfitri yang lebih cakep. 

Untuk penawaran yang menarik, lo bisa check out aja pilihan Paket Bundling Discover Hub Kahf yang tersedia dengan harga miring dan ramah di kantong. Gak hanya itu, lo juga bisa dapat free gift menarik!Tunggu apalagi? Dapatkan kulit yang sehat dengan bantuan Kahf dan sempurnakan manfaat puasa lo tahun ini!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X