• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Seorang pria ingin mandi setelah melakukan aktivitas gym

Konon kata orang, mandi setelah olahraga itu berbahaya dan nggak baik buat tubuh. Tapi, kok, ada influencer yang mandi dengan air es sehabis workout? Duh, daripada bingung mendengar “katanya” dari orang terus, mendingan lo cari tahu sendiri jawabannya di artikel ini!

Mandi setelah Olahraga Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Potret shower yang mengeluarkan air yang deras dan menyegarkan

Mitos seputar olahraga dan kesehatan sepertinya nggak ada habis-habisnya, ya. Makanya, wajar kalau lo merasa bingung untuk mengikutinya. Apalagi, nggak sedikit juga influencer yang memberikan opini kesehatan yang berbeda. Akibatnya, lo jadi tambah bingung, deh.

Kalau lo sempat merasa khawatir soal bahaya mandi setelah olahraga, mulai sekarang lo abaikan saja, ya. Pasalnya, itu cuma mitos. Mandi sehabis olahraga itu aman, kok, dan justru sebaiknya lo lakukan.

Mengapa kita harus mandi setelah berolahraga? Tentu karena tindakan ini banyak manfaatnya, yaitu:

  • Memberi kesempatan tubuh untuk mendinginkan suhu.
  • Menghilangkan sel kulit mati, keringat, kotoran, dan bakteri yang terkumpul saat olahraga.
  • Mencegah jerawat dan infeksi akibat bakteri atau jamur.
  • Sebagai cara relaksasi setelah aktivitas intens.
  • Mencegah bau badan akibat keringat yang bercampur bakteri

Jadi, stop dengar “katanya” dari orang, dan jangan khawatir lagi untuk mandi setelah workout, ya.

Panduan Mandi setelah Olahraga agar Tubuh Lebih Nyaman

Tas gym berisi sepatu, handuk, dan payung

Agar tubuh lo terasa lebih nyaman setelah olahraga, ada beberapa hal yang bisa lo praktikkan saat hendak mandi.

1. Mandi sebelum dan sesudah Olahraga Lebih Baik

Nggak sedikit orang yang bingung, sebaiknya mandi setelah olahraga atau sebelum?

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, mandi sesudah olahraga sangat dianjurkan, demi alasan kesehatan dan estetika. Tapi, jika ingin hasil workout lo semakin optimal, lo juga bisa coba mandi sebelum olahraga.

Studi menyatakan bahwa mandi air hangat sebelum olahraga bisa memengaruhi temperatur otot, fleksibilitas, serta meningkatkan power saat olahraga.[1] Jadi, lo bisa coba keduanya.

2. Beri Jeda Waktu

Cara terbaik untuk menjaga higienitas tubuh lo setelah olahraga adalah langsung mandi. Tapi, sebaiknya lo beri jeda waktu, ya. Hindari langsung mandi saat tubuh lagi ‘panas-panasnya’.

Jarak mandi setelah olahraga yang ideal adalah sekitar 20-30 menit. Tujuan dari tindakan ini adalah memberi tubuh waktu untuk menurunkan suhu tubuh serta menunggu keringat kering. Nah, sela waktu ini bisa lo gunakan untuk cooling down.

3. Temukan Temperatur Air yang Pas

Sebaiknya, setelah olahraga mandi air panas atau air dingin, ya?

Jawabannya tergantung pada kondisi kesehatan serta tujuan olahraga lo.

Mandi air dingin setelah olahraga dapat meredakan rasa pegal, kram, atau kaki karena olahraga intens[2] serta meminimalkan inflamasi[3]. Selain itu, tindakan ini juga dapat memberi efek segar. Makanya, opsi ini kerap dipilih orang yang workout pagi hari.

Sementara itu, mandi air hangat bisa meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh[4] serta memberi rasa rileks.[5] Opsi ini ideal kalau lo olahraga di malam hari, agar tidur jadi lebih nyenyak.

Dengan kata lain, kedua opsi tersebut sah-sah saja, asalkan suhu airnya pas, tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

4. Rileks dan Tak Perlu Buru-Buru

Mandi setelah olahraga bisa jadi wujud kegiatan self care yang menyenangkan dan menenangkan. Maka dari itu, nggak ada salahnya kalo lo sediakan waktu lebih banyak untuk mandi.

Lalu, lo juga bisa menggunakan elemen relaksasi seperti garam epsom. Garam epsom yang kaya akan magnesium sulfat sehingga dapat membantu menenangkan otot yang tegang serta memberi efek rileks yang optimal.

Untuk melakukannya, lo hanya perlu mencampurkan garam epsom ke air mandi lo.  Opsi ini cocok banget untuk lo yang ingin mandi setelah olahraga malam. Dijamin, tidur lo akan pulas seperti bayi.

5. Gunakan Sabun Mandi yang Lembut dan Menenangkan

Terkadang, semua orang yang olahraga itu punya masalah yang sama: biang keringat atau jerawat di badan.

Biang kerok masalah ini tentu saja penumpukan keringat, bakteri, dan kotoran yang segera dibersihkan sehabis olahraga.

Makanya, lo perlu pilih sabun yang bisa membersihkan pori-pori dengan optimal, seperti Kahf Acne Fight And Relaxing Body Wash.

Formulasi sabun Kahf Acne Fight and Relaxing Body Wash cocok banget untuk pria yang aktif berolahraga. Ini karena teknologi Pure Cleanse Kahf dapat membersihkan pori-pori secara optimal dan mencegah berkembangnya biang keringat dan jerawat.

Selain itu, sabun dengan ekstrak Mediterranean Sage ini juga memiliki aroma yang menenangkan, dan bisa membuat tubuh dan pikiran lo rileks. Hari-hari lo jadi lebih semangat, deh.

Yang jelas, mandi setelah olahraga itu penting lo lakukan, apalagi jika lo mandi dengan Kahf. Nggak hanya untuk refresh badan, tapi juga untuk mencegah jerawat dan biang keringat. Jadi, hari ini lo mau olahraga jam berapa?

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X