• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Close-up pria dengan pipi berjerawat di sekitar brewok

Lo pasti sering merasa frustasi kan, karena jerawat selalu muncul di bagian itu-itu saja? Tenang, lo nggak sendirian! Banyak orang mengalami hal yang sama, dan sebenarnya, ada beberapa alasan kenapa jerawat muncul terus. 

Kenapa bisa tiba-tiba muncul jerawat di wajah?

Hal ini berkaitan erat dengan produksi sebum atau minyak wajah. Sebenarnya, sebum berguna untuk memberi kelembapan alami pada wajah. Tapi kalau berlebihan, sebum justru bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Nah, ini beberapa alasan yang membuat produksi sebum meningkat dan memicu timbulnya jerawat:

1. Perubahan Hormon

Foto seorang pria berjerawat sedang bercermin dan kebingungan

Kalau lo saat ini sedang berada di masa remaja atau sedang mengalami pubertas, mungkin lo akan menemukan beberapa jerawat di wajah. Ya, ternyata usia dan jerawat punya kaitan erat.

Di fase remaja, tubuh akan memproduksi hormon testosteron, dan hormon ini akan memicu munculnya sebum.[1] Nah, kalau wajah nggak rajin dibersihkan, minyak akan terperangkap di pori-pori bersama debu dan inilah yang bikin jerawat nongol dengan tidak sopan di wajah lo.

Biasanya, jerawat hormon akan muncul di area bawah wajah, seperti dagu dan leher. Fenomena ini umumnya berlangsung selama masa remaja saja. Kalau nggak  ditangani, bukan tak mungkin hal ini berlangsung sampai usia dewasa.

2. Efek Samping Obat Tertentu

Obat-obatan tablet dan pil berserakan di atas meja

Apakah lo sedang mengonsumsi obat-obatan? Kalau ya, bisa jadi itulah penyebab munculnya jerawat yang membandel.

Jerawat memang terkadang menjadi efek samping konsumsi obat-obatan. Beberapa contoh obat yang membuat jerawat adalah bromide dan iodide, yang kerap ditemui di obat batuk, serta lithium yang merupakan salah satu zat untuk menangani penyakit bipolar.[2]

Tapi, jangan gegabah menghentikan konsumsi obat yang mungkin memang lo butuhkan, ya. Sebaiknya, konsultasikan dulu dengan dokter kalau memang ada efek samping yang mengganggu lo.

3. Pola Makan yang Tidak Sehat

Berbagai junk food di atas piring kayu, pizza, hamburger, sosis, bacon

“Kita adalah apa yang kita makan.”

Pernah dengar pepatah itu? Ternyata, ini juga berlaku buat jerawat. Ya, apa yang lo makan bisa sangat memengaruhi tumbuhnya jerawat.

Beberapa makanan penyebab jerawat yang perlu lo batasi konsumsinya adalah junk food, makanan tinggi gula, minuman bersoda, hingga gorengan. Selain itu, karbohidrat olahan seperti nasi putih, roti, dan pastry juga berpotensi membuat jerawat ogah pergi.

Sebagai gantinya, lo bisa makan makanan probiotik seperti yoghurt atau kimchi. Lo juga bisa memperbanyak makanan dengan kandungan lemak sehat, misalnya ikan. Selain itu, tentu saja, jangan lupa makan banyak sayur dan buah-buahan, ya.

4. Kebiasaan Merokok

close-up seorang pria sedang merokok

Tak hanya buruk bagi organ dalam tubuh, rokok juga bisa memicu munculnya jerawat. Istilahnya adalah smoker’s acne.

Lo perlu tahu kalau di dalam rokok, ada zat kimia yang dapat mengubah komposisi dan kepadatan sebum. Karena zat ini, sebum akan lebih mudah menyumbat pori-pori dan menyebabkan outbreak jerawat.

Lantas, gimana dengan vape alias rokok elektrik? Apakah vape bisa membuat jerawat? Meski belum banyak penelitian soal ini, ada kemungkinan besar vape bisa memicu jerawat.

Pasalnya, kandungan nikotin serta propylene glycol pada vape bisa membuat kulit dan mulut mengalami dehidrasi. Akibatnya, tubuh akan memproduksi lebih banyak sebum untuk menghidrasi kulit, sehingga muncul risiko jerawat.[3]

5. Stres 

Seorang pria duduk di pinggir kasur sambil merenung di kamar yang gelap

Stres adalah perasaan yang normal dalam kehidupan sehari-hari. Tapi kalau nggak lo kelola dengan baik, stres justru bisa menjadi bumerang bagi wajah lo.

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Hal ini akan memicu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, sehingga tubuh terpaksa memproduksi sebum lebih banyak. Akibatnya, hal ini memancing datangnya jerawat di wajah.[4]

Stres memang bukan hal yang bisa lo hilangkan begitu saja, tapi seenggaknya bisa lo kelola. Agar stres nggak semakin parah, lo bisa bangun kebiasaan olahraga setiap hari, meditasi, journaling, atau hangout bersama kawan atau sahabat lo.

6. Bantal yang Kurang Bersih

Dua buah bantal yang kotor dan menguning

Penyebab jerawat satu ini sering banget dikesampingkan, bahkan mungkin dilupakan. Padahal, sepertiga hari akan lo habiskan di atas bantal. Kalau bantal lo kotor, ini akan memicu timbulnya jerawat.

Maka dari itu, sisihkan waktu untuk mengganti sarung bantal lo, setidaknya seminggu sekali. Selain itu, jangan lupa bersihkan wajah sebelum tidur dan cuci rambut dari penggunaan produk-produk styling seperti pomade atau clay.

7. Perawatan Kulit yang Kurang Optimal

Close-up seorang pria sedang menggunakan krim jerawat

Hal terpenting yang harus dilakukan saat wajah berjerawat adalah mencuci wajah setiap hari. Meski begitu, saat berjerawat, kulit wajah tentu jadi semakin sensitif, sehingga lo harus mencari produk yang memang diformulasikan untuk jerawat.

Makanya, lo harus coba Kahf Oil And Acne Care Face Wash. Sabun ini mengandung bahan ringan yang ampuh membersihkan pori-pori hingga ke dalam. Kandungan Mediterranean Sage dan French Cypress di dalamnya sanggup mengangkat minyak berlebih selama 12 jam dan merawat kulit yang berjerawat.

Selain itu, sabun cuci muka pria ini juga memberi efek cooling yang menyegarkan. Kabar baiknya, sabun Kahf Oil and Acne Care Face Wash ini bisa lo temukan di toko ritel terdekat.

Sekarang, lo sudah nggak bingung lagi kan, kenapa jerawat muncul terus-terusan? Yuk, gunakan sabun cuci muka Kahf sekarang dan rasakan bedanya!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X