• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Kumpulan junk food

Lo pastinya sudah tahu kalau jerawat itu bukan cuma permasalahan wanita aja, tapi juga pria. Ternyata, musuh kecil nan bandel ini nggak hanya bisa terbentuk karena polusi, tapi juga karena makanan. Apa saja makanan penyebab jerawat? 

Yuk, cek daftar ini, siapa tahu makanan kesukaan lo ada di sini.

1. Makanan Berlemak Jenuh Tinggi

Foto close-up daging slice yang banyak lemak

Siapa, sih, yang bisa menolak godaan makan daging di restoran Korean ‘korbek’ BBQ, atau soto dengan jeroan yang melimpah? Sayangnya, makanan lezat tersebut justru bisa jadi ‘biang kerok’ munculnya jerawat.

Pasalnya, makanan berlemak jenuh tinggi bisa memicu lonjakan gula darah, sehingga tubuh memproduksi insulin. Lalu, insulin memicu produksi hormon reproduksi, yang kemudian memaksa tubuh untuk memproduksi sebum atau minyak wajah lebih banyak.[1]

Nggak hanya daging atau jeroan, mentega dan keju juga bisa jadi makanan penyebab jerawat dan komedo. Jadi, usahakan nggak sering-sering craving martabak keju, ya.

2. Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat Olahan

Foto berbagai makanan manis seperti permen, cookies, coklat, dan cornflake

Sama halnya dengan makanan berlemak jenuh, makanan tinggi gula bisa menimbulkan jerawat karena bisa meningkatkan kadar insulin.

Beberapa contoh makanan tinggi gula adalah minuman kemasan, es krim, hingga kue. Sedangkan beberapa contoh karbohidrat olahan adalah nasi putih, pasta, dan roti.

Sebagai gantinya, lo bisa mengganti makanan manis dengan buah-buahan. Kalau susah langsung mengganti nasi putih, lo bisa selingi dengan nasi merah, ubi, atau berbagai alternatif karbohidrat lainnya.

3. Susu dan Produk Turunannya

Foto susu dan produk turunannya seperti keju dan mentega

Meski masih memerlukan penelitian mendalam, susu dan produk turunannya disebut memiliki keterkaitan dengan timbulnya jerawat, terutama di kalangan remaja.[2] Contoh produk turunan susu adalah keju, mentega, dan yoghurt.

Pasalnya, susu bisa meningkatkan produksi hormon androgen, yakni hormon reproduksi yang memicu produksi sebum berlebih pada anak remaja. Selain itu, laktosa pada susu juga merupakan alergen  yang menyebabkan jerawat.

Lalu, bagaimana dengan plant milk? Apakah susu oat menimbulkan jerawat?

Sejauh ini belum banyak penelitian yang membuktikan hubungan plant milk dengan jerawat, jadi belum ada jawabannya, nih. Tapi, sebaiknya lo tetap waspada dengan kandungan gula dan minyak dalam dua susu tersebut, ya.

4. Makanan Super Pedas

Sepiring makanan berisi nasi, lalapan kol, dan ayam geprek

Banyak yang bilang bahwa makanan pedas menyebabkan jerawat. Memang terkesan nggak ada hubungannya, tapi bisa jadi benar, loh.

Pasalnya, makanan pedas di Indonesia itu pedasnya di luar nalar, alias pedas banget. Ini bisa memicu inflamasi pada tubuh, dan salah satu bentuk inflamasi adalah jerawat.

Faktanya, makanan pedas rata-rata cukup berminyak dan menggunakan banyak tepung. Kalau terlalu sering lo konsumsi, itu sama saja lo cari masalah dengan jerawat. Jadi, pastikan konsumsinya nggak berlebihan, ya.

5. Processed Food dan Junk Food

Berbagai junk foods seperti hamburger, french fries, onion ring, donat, dan cola

Processed food dan junk food seperti nugget, hamburger, sosis, atau bakso memang enak. Tapi, ingat untuk membatasi konsumsinya, ya.

Pasalnya, processed food dan junk food cenderung tinggi akan lemak jenuh, minyak, serta tepung terigu. Jika konsumsinya kebanyakan, ini bisa jadi combo ampuh untuk memicu inflamasi, dan akhirnya mengundang jerawat ke wajah lo.

6. Alkohol

Berbagai varian dan merek minuman beralkohol dalam botol kaca

Bukan cuma makanan yang bisa jadi penyebab jerawat, tapi juga minuman. Contohnya adalah minuman beralkohol.

Pasalnya, minuman beralkohol cenderung memicu dehidrasi. Jika berlebihan, alkohol bisa membuat kulit lo kering, sehingga tubuh lo memproduksi lebih banyak sebum untuk melembapkan kulit. Kalau sudah bercampur dengan debu, simsalabim, maka jadilah jerawat.

Nggak hanya itu, minuman beralkohol juga kerap dicampurkan dengan perisa, gula, atau sirup agar rasanya semakin enak. Hal ini tentunya jadi duo masalah penyebab jerawat.

7. Telur

Close-up telur ceplok atau sunny side egg dengan taburan oregano diatasnya

Banyak orang yang nggak percaya bahwa telur menyebabkan jerawat. Tapi, ada juga yang meyakininya.

Faktanya, meski efeknya nggak secara langsung, jerawat karena telur mungkin saja terjadi. Ini karena telur ayam merupakan salah satu alergen, dan salah satu bentuk alergi adalah jerawat[3].

Meski begitu, tidak semua orang pasti akan jerawatan setelah makan telur. Ini hanya berlaku kalau lo sensitif dengan telur saja.

Nah, lo pasti sadar, bahwa makanan-makanan tersebut banyak beredar di sekitar lo. Bahkan, bisa jadi lo makan setiap hari. Tapi, perlu lo ingat bahwa jerawat adalah kondisi yang kompleks. Faktor pemicunya bukan cuma dari makanan saja, tapi juga dari kondisi tubuh hingga aktivitas sehari-hari.

Selain itu, faktor kebersihan wajah juga jadi penentu. Wajah yang berminyak dan kotor nggak bisa lo bersihkan dengan air saja, karena akan rentan terkena jerawat.

Makanya, selalu ingat untuk bilas wajah lo dengan Kahf Oil and Acne Care Face Wash. Dengan bahan alami yang lembut di kulit, sabun muka pria dari Kahf mampu membersihkan wajah lo hingga pori-pori yang dalam. Kandungan French Cypress dan Mediterranean Sage juga bisa menahan minyak berlebih hingga 12 jam.

Face wash ini juga memberi lo cooling effect yang pasti bikin lo semangat dan melek. Makanya, face wash Kahf wajib lo bawa beraktivitas ke mana pun.

Kesimpulannya, selain membatasi konsumsi makanan penyebab jerawat, lo juga harus perhatikan kebersihan wajah lo. Yuk, mulai hari ini, atur pola makan dan rajin cuci muka, ya!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X