• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Foto close-up seorang pria yang mempunyai flek hitam di wajah nya

Sedang bercermin, tahu-tahu melihat ada flek atau noda hitam di wajah? Meski noda hitam itu nggak terasa sakit atau gatal, tetap saja bisa membuat ketampanan lo berkurang. Makanya, yuk, cari tahu penyebab flek hitam di wajah supaya lo bisa mencegah masalah ini dengan optimal.

Apa Itu Flek Hitam di Wajah?

Close-up seorang pria memiliki flek hitam di pipi

Flek hitam alias noda hitam atau dark spot sebenarnya jadi masalah kulit yang cukup umum dan bisa terjadi pada siapa saja, nggak peduli pria maupun wanita. Biasanya, flek hitam muncul di area pipi, dahi, atau hidung, meski bisa juga muncul di area lainnya. 

Seperti namanya, flek ini tentu berwarna kehitaman. Namun, pada beberapa kondisi, ada juga flek hitam yang berwarna gelap kemerahan. Selain itu, flek hitam juga umumnya tak bertekstur, meski ada juga flek hitam yang menyebabkan wajah jadi tidak mulus.

Apa sih, penyebabnya?

Penyebab Flek Hitam di Wajah Pria

Close-up wajah seorang pria yang memiliki flek hitam di pipi

Supaya flek hitam bisa lo ‘tumpas’ dengan maksimal, lo tentu harus tahu dulu penyebab masalah kulit satu ini. Ini jawabannya:

1. Memencet Jerawat Sendiri

Ayo, ngaku, siapa yang masih punya kebiasaan memencet jerawat sendiri? Meski lo merasa gemas dengan jerawat, sebaiknya hindari memencet jerawat secara paksa, ya. Apalagi kalau lo belum cuci tangan sebelumnya.

Pasalnya, jerawat yang lo pencet bisa berubah jadi bekas jerawat kehitaman, yang kemudian menjadi flek hitam. Hal ini disebut dengan post-inflammatory hyperpigmentation.

Tapi, gimana kalau lo sudah sangat ‘gerah’ alias gemes dengan jerawat ini? Kalau sudah gitu, lo harus coba cara aman dengan pakai skin care atau pergi ke dermatologis.

2. Makanan dan Gaya Hidup yang Kurang Sehat

Nggak hanya membahayakan kesehatan tubuh, pola makan yang kurang sehat juga dapat berdampak pada kulit wajah lo. Kalau ingin mengurangi noda hitam di wajah, sebaiknya hindari makan makanan yang berlemak, gorengan, atau makanan yang memiliki kandungan gula tinggi.

Selain itu, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol juga bisa berdampak buruk pada kulit lo. Ini karena zat yang terkandung dalam rokok dan alkohol dapat memicu penuaan dini, yang meningkatkan risiko munculnya flek hitam.[1]

Sebaiknya gantinya, lo bisa perbanyak asupan sayur-sayuran dan buah-buahan, terutama yang kaya vitamin C. Kandungan vitamin C dan serat pada buah dan sayur dapat membantu mencerahkan kulit[2]. Lalu, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar kelembapan kulit terjaga.

3. Stres Berlebihan

Siapa sih, yang nggak pernah stres? Rasanya semua pernah mengalaminya, ya.

Tapi, jika dibiarkan berlarut-larut, stres juga bisa membuat dark spot lo makin parah. Ini karena stres dapat memicu tubuh untuk memproduksi hormon yang membuat warna kulit jadi lebih gelap. Jadi, carilah cara untuk mengelola stres agar tidak berlarut-larut.

4. Paparan Sinar UV

Menggunakan sunscreen merupakan salah satu cara penghilang flek hitam paling ampuh. Pasalnya, skin care satu ini efektif untuk mencegah paparan sinar UV yang merupakan salah satu pemicu munculnya flek hitam.

Untuk itu, lo bisa pakai Kahf Invisible Matte Sunscreen Stick. Nggak cuma oke untuk melindungi dari sinar UV, sunscreen Kahf yang ber-SPF 50 PA ++++ ini juga bisa melindungi wajah dari polusi, bluelight, plus kemerahan akibat cuaca panas di luar ruangan.

Nah, untuk kegiatan indoor, lo bisa pakai sunscreen untuk flek hitam Kahf Triple+ Protection Sunscreen Moisturizer yang ber-SPF 30 PA +++. Nggak hanya melindungi dari sinar UV, polusi, dan bluelight, sunscreen ini juga membuat kulit lo lembap, cocok untuk lo yang selalu berkegiatan di ruangan ber-AC.

5. Pakai Skin Care yang Kurang Tepat

Pakai skin care memang bagus. Tapi kalau pakai produk skin care yang nggak sesuai dengan jenis kulit lo, ini justru bisa bikin kulit jadi iritasi dan meradang. Nah, radang dan iritasi inilah yang akhirnya memicu bekas hitam di wajah.

Maka dari itu, kenali jenis kulit lo dengan baik dan pilih produk skin care yang sesuai. Atau, lo juga bisa pilih skin care dengan bahan-bahan alami seperti rangkaian produk skin care Kahf.

Tapi, gimana kalau flek hitam terlanjur muncul?

Kalau sudah begitu, lo bisa pakai produk pembersih wajah pria untuk mengatasi flek hitam, yakni Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub. Kandungan Brazilian Coffee dan Korean Ginseng di dalamnya bisa membantu menyamarkan pori-pori membesar dan noda hitam, plus membuat wajah cerah dalam 7 hari.

6. Adanya Masalah Kesehatan Kulit

Pada dasarnya, flek hitam bisa hilang dengan sendirinya. Namun, tentu flek hitam lebih cepat hilang kalau lo pakai skincare untuk menjaga kondisi kulit. Jadi, lo bisa tampil keren dengan lebih cepat.

Tapi, kalau flek hitam masih saja membandel padahal sudah melakukan segala upaya, nggak ada salahnya untuk cek kondisi kulit lo ke dermatologis. Pasalnya, flek hitam juga bisa terjadi karena sensitivitas terhadap obat-obatan atau reaksi alergi terhadap zat tertentu.[3]

Sudah memasuki tahun baru, nih. Jadi, sudah nggak zamannya lagi pria cuek akan urusan perawatan wajah. Makanya, lo harus paham dulu apa penyebab flek hitam di wajah agar bisa mencegah masalah kulit ini. Yuk, mulai rawat wajah lo bersama Kahf dan raih penampilan lo yang paling prima!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X