• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

Pernahkah lo mengalami bacne?

Bacne atau back acne merupakan jerawat yang kerap muncul di area punggung. Ya, ternyata selain wajah, punggung juga bisa berjerawat, lho. Meski tidak terlihat, jerawat yang satu ini bisa jauh lebih mengganggu. 

Apa itu bacne dan bagaimana cara mengatasinya? Baca terus dan temukan jawabannya.

Bacne, Kecil tapi Mengganggu

Bacne merupakan sebutan untuk jerawat di punggung. Secara visual, jerawat punggung memiliki kemiripan dengan jerawat wajah, yakni berupa blackhead atau whitehead. Bahkan, jika tak langsung ditangani, bacne juga bisa berubah menjadi kemerahan dan menyebabkan gatal.

Meski jerawat bisa dialami oleh pria dan wanita, masalah bacne umumnya dialami oleh para pria, terutama yang sedang berusia remaja dan dewasa.[1] Kenapa bisa muncul jerawat pada pria?

Umumnya, bacne terjadi akibat penumpukan minyak, kotoran, sel kulit mati, dan bakteri pada pori-pori. Selain itu, penggunaan pakaian dengan bahan yang tak menyerap keringat, gesekan pakaian pada tubuh, serta penggunaan obat atau produk tertentu juga bisa menyebabkan bacne.[2]

Cara Menghilangkan Jerawat di Badan

Munculnya bacne bisa menjadi citra yang sangat mengganggu. Tak hanya membuat tubuh terasa tak nyaman, perih, dan gatal-gatal, bacne juga bisa bikin rasa percaya diri lo terjun bebas.

Tapi, bukan berarti tak ada cara mengatasinya. Kalau lo sedang struggling dengan masalah ini, coba lakukan hal-hal berikut ini untuk menumpasnya!

1. Gunakan Pakaian yang Longgar dan Menyerap Keringat

Anak muda berambut keriting menggunakan pakaian longgar berwarna hitam

Untuk menghindari timbulnya bacne, usahakan untuk memilih pakaian yang longgar. Pasalnya, pakaian yang ketat dapat menyebabkan gesekan dan iritasi pada punggung lo, yang bisa menyebabkan timbulnya bacne.

Selain itu, lo bisa pakai baju dengan bahan-bahan yang dapat menyerap keringat dengan optimal, misalnya pakaian berbahan katun ataupun linen. Dengan begini, keringat tidak akan menumpuk pada area punggung berkat sirkulasi udara yang lebih baik.

2. Segera Ganti Pakaian jika Berkeringat

Seorang pria berkemeja biru dengan noda keringat di ketiak

Kebanyakan pria memang mudah berkeringat, bahkan di cuaca sejuk sekalipun. Apakah lo juga gitu? Kalau iya, nggak ada salahnya membawa pakaian ekstra saat sedang beraktivitas. Segera ganti pakaian saat keringat mulai menumpuk.

Hal ini juga lebih baik lo praktikkan saat olahraga. Usahakan ganti pakaian setelah berolahraga untuk menghindari kulit yang lembap dan berdebu. Lalu, akan lebih baik kalau lo menyempatkan diri untuk mandi setelah berolahraga, sebelum kembali beraktivitas.

3. Gunakan Produk Pembersih Badan yang Tepat

Sabun mandi Kahf untuk mengatasi jerawat

Kalau lo punya masalah bacne, sebaiknya gunakan sabun yang memang diformulasikan untuk mengatasi hal tersebut, agar hasilnya lebih optimal. Lo bisa pakai sabun untuk jerawat di punggung dari Kahf, yakni Acne Fight And Relaxing Body Wash.

Sabun mandi dari Kahf yang satu ini memiliki komposisi ekstrak tumbuhan alami yang efektif untuk mencegah penumpukan debu, keringat, dan minyak berlebih pada kulit. Selain itu, kandungan Allantoin juga bisa menenangkan jerawat yang meradang serta mempercepat penyembuhan bacne.

Tak hanya itu, sabun mandi Kahf juga memiliki kandungan mentol yang membuat tubuh terasa segar setelah mandi. Setelah pakai ini, lo bisa kembali beraktivitas dengan nyaman, meski di tengah cuaca panas.

4. Gunakan Pelembap

Seseorang mencolek pelembap krim putih dengan jari

Meski terdengar kontradiktif, menggunakan pelembap pada punggung justru membuat kulit terasa lebih nyaman dan mencegah timbulnya jerawat baru. Pasalnya, pelembap atau moisturizer dapat mencegah kulit kering dan iritasi.

Meski begitu, jangan asal pilih ya, karena nggak semua pelembap cocok untuk kulit berjerawat. Pastikan memilih pelembap yang memiliki kandungan non-comedogenic serta tak mengandung minyak (oil-free). Untuk teksturnya, pelembap dalam bentuk gel adalah pilihan paling oke, karena mudah diserap kulit.

5. Perhatikan Pola Makan

Seorang pria sedang makan semangkuk salad

Tak hanya dari luar, bacne juga bisa lo cegah dari dalam. Caranya, perhatikan pola makan lo.

Untuk mencegah atau menyembuhkan bacne, lo bisa mulai dengan menghindari makanan yang bisa meningkatkan gula darah dengan cepat, seperti nasi putih, pasta, atau gula. Alternatifnya, lo bisa konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh, beras merah, atau oatmeal.

Selain itu, pastikan di piring lo ada makanan tinggi serat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran utuh. Lalu, lengkapi dengan ikan berlemak tinggi, kacang-kacangan, serta minum air yang cukup.[3] Jadi, jangan anti sayur, ya!

6. Konsultasi dengan Dokter

Foto seorang dermatologist atau dokter kulit

Sudah melakukan langkah-langkah tersebut, tapi bacne tak mau pergi? Lo bisa konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapat obat jerawat punggung sebagai pelengkap. Dengan begini, bisa dapat saran yang lebih sesuai dengan kondisi kulit secara medis.

Di negara dengan cuaca tropis seperti Indonesia, bacne memang bisa muncul kapan saja, apalagi kalau lo punya seabrek kegiatan.

Maka dari itu, meski lo nggak punya bacne, lo harus tetap melakukan tindakan pencegahan. Jangan ditunda, sebaiknya lakukan upaya pencegahan mulai dari sekarang.

Masih belum yakin kalau tindakan yang lo ambil hari ini bisa ngefek di masa depan? Artinya, lo harus datang ke event Kahf yang bertema “Kahf Goes to Campus”. Di acara ini, lo bisa tahu hal-hal apa yang harus lo persiapkan saat ini untuk mendapatkan masa depan yang cerah.

Di event yang diadakan 19 Januari 2024 kemarin, ada mini-workshop dan Inspiring Talk dari para speaker ternama seperti Founder & CEO Paragon dan Iyas Lawrence (Founder Makna Talks & host of The Friday podcast). Pada sesi pertama, “Tomorrow is Made by Today” membahas bagaimana harmoni inovasi melampaui batas dalam membebaskan potensi yang tidak terduga dalam inovasi lintas disiplin serta membahas studi kasus yang menggambarkan bagaimana interaksi antara sains, seni dan teknologi dapat melahirkan terobosan inovatif. 

Selain itu, pada sesi kedua “What’s Your Part” yang juga diisi speaker ternama seperti  Ifandi Khainur Rahim (CEO Satu Persen & Forbes 30 Under 30 Asia 2021), Iman TDJ (Entrepreneur & Founder Hairnerds Studio) dan Aldo Giustino (Visual Effects Creator). Di sesi ini membahas bagaimana generasi muda dapat mengambil peran dari cerita inspiratif para inovator serta merancang tujuan dan aksi nyata sebagai inovator muda dalam konteks sains, seni, dan teknologi. Sepulang dari event ini, lo pasti mengerti pentingnya tindakan hari ini dalam pembentukan masa depan.

Jadi, tunggu apa lagi? Atasi masalah bacne lo bersama Kahf dan nantikan acara “Kahf Goes to Campus” untuk masa depan yang lebih cerah. Yuk, mulai sekarang!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X