• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

jenis jerawat dan gambarnya

Jerawat adalah masalah kulit umum yang dapat mempengaruhi orang dari berbagai usia. Mengetahui berbagai jenis jerawat beserta gambar-gambarnya dapat membantu lo untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah kulit  dengan lebih tepat. Penasaran kan? Yuk simak artikel ini sampai akhir ya!

1. Jerawat Nodul

jenis jerawat dan gambarnya (Jerawat nodul)

Jerawat nodul, juga dikenal sebagai nodular acne, adalah salah satu jenis jerawat yang sering kali dianggap sebagai bentuk yang paling serius dan parah dari masalah kulit ini. Jerawat nodul dapat sangat mengganggu dan merusak kepercayaan diri seseorang karena biasanya menyebabkan benjolan merah besar yang tumbuh di bawah permukaan kulit. Jerawat nodul terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak. Ketika pori-pori tersumbat, bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) yang biasanya ada di kulit dapat berkembang biak di dalam pori-pori, menyebabkan peradangan. Peradangan inilah yang mengarah pada pembentukan benjolan merah besar yang menjadi ciri khas jerawat nodul.

2. Jerawat Kistik

jenis jerawat dan gambarnya (jerawat kistik)

Jerawat kistik, seperti jerawat nodul, disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak. Jerawat kistik seringkali terkait dengan perubahan hormon masa remaja. Adapun beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan berlemak, makanan cepat saji, dan makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat mempengaruhi perkembangan jerawat. Ciri dari gejala jerawat kistik adalah benjolan jerawat yang merah meradang serta disertai rasa sakit dan gatal. 

3. Jerawat Papula

jenis jerawat dan gambarnya (jerawat kistik)

Jerawat papula memiliki gejala khas yang dapat dikenali dengan mudah yakni jerawat yang berbentuk benjolan berwarna merah muda. Biasanya jerawat papula tidak memiliki kepala putih atau hitam seperti jerawat komedo. Adapun jerawat ini akan terasa nyeri saat disentuh serta berpotensi menyebabkan peradangan sehingga terlihat bengkak merah namun keras. 

4. Jerawat Pustula

jenis jerawat dan gambarnya (jerawat pustula)

Jerawat pustula adalah salah satu jenis jerawat yang umum terjadi dan dapat mempengaruhi berbagai kelompok usia. Jerawat ini memiliki ciri khas berupa benjolan kecil yang berisi nanah di tengahnya, sehingga tampak seperti pustula. Jerawat ini dapat muncul di berbagai bagian wajah, dada, dan punggung serta terasa sakit saat disentuh. 

5. Jerawat Mekanika

jenis jerawat dan gambarnya (jerawat mekanika)

Berbeda dengan jerawat lainnya, jerawat mekanika adalah salah satu jenis jerawat yang disebabkan oleh tekanan fisik pada kulit. Jerawat ini seringkali muncul akibat kebiasaan meremas, menggaruk, atau menggosok-gosok kulit secara berlebihan. Untuk menghindari jerawat jenis ini, pastikan untuk tidak memberikan sentuhan berlebih pada kulit serta gunakan alat pelindung seperti helm yang tidak terlalu menekan pada wajah. 

6. Jerawat Blackheads

jenis jerawat dan gambarnya (jerawat blackheads)

Jerawat ini merupakan jerawat yang paling umum ditemui. Adapun jerawat blackhead disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit oleh sebum (minyak kulit) yang berlebihan dan sel-sel kulit mati. Ketika sebum dan sel-sel kulit mati teroksidasi oleh udara, mereka menghasilkan warna hitam atau gelap, memberikan tampilan karakteristik “blackhead.” Untuk mengatasi jerawat jenis ini, lo bisa memulainya dengan rutin melakukan eksfoliasi sehingga sel kulit mati dan komedo terangkat dan tidak menyumbat lapisan kulit.

7. Jerawat Whiteheads

jenis jerawat dan gambarnya (jerawat whiteheads)

 Hampir sama seperti jerawat blackheads, jerawat whitehead disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit oleh sebum yang berlebihan dan sel-sel kulit mati. Namun, perbedaan utama antara jerawat whitehead dan blackhead adalah bahwa pori-pori yang tersumbat oleh jerawat whitehead tertutup oleh lapisan kulit tipis. Sebum dan sel-sel kulit mati tetap terperangkap di bawah lapisan kulit ini, menciptakan benjolan putih kecil. 

Untuk mengatasi jerawat whiteheads tersebut mencuci wajah secara teratur dengan pembersih wajah yang lembut dapat membantu mengontrol produksi sebum dan menghilangkan kotoran. Lo bisa gunakan sabun cuci muka dari Kahf Oil and Acne Care Face Wash yang diformulasikan secara khusus agar mampu membersihkan pori-pori hingga lapisan terdalam kulit. Paduan Hydro Balance dan Pure Cleanse nya membuat kulit menjadi lebih lembab dan bercahaya.  Ekstrak Mediterranean Sage dan French Cypressnya mengangkat minyak berlebih selama 12 jam serta merawat kulit berjerawat. Dapatkan segera hanya www.kahfeveryday.com ya! 

Nah itu dia 7 jenis jerawat yang perlu lo ketahui! Pastikan untuk selalu mencegah munculnya jerawat dengan menjaga kebersihan kulit wajah ya Bro! 

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X