• No products in the cart.
Welcome
Advertising is the way great brands get to be great brands.
We Are Awesome Folow Us

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

NEW: Kahf Sunscreen Stick & Sunscreen Moisturizer

  • No products in the cart.

Blog

generasi sandwich

Akhir-akhir ini sering banget dengar istlah generasi sandwich. Namun banyak juga orang yang salah memaknainya. Kira-kira apa sih generasi sandwich itu dan mengapa hal ini banyak diperbincangkan oleh kebanyakan orang di media sosial? Yuk simak sampai akhir ya Bro bisa jadi lo adalah salah satu nya, lho! 

Apa Itu Generasi Sandwich?

Ibaratkan seperti sandwich, generasi ini merupakan generasi yang berada di antara dua generasi lainnya. Ibaratnya seperti daging yang terhimpit diantara dua roti dan sayuran pada sandwich. Istilah ini, menggambarkan kondisi finansial atau tanggung jawab ganda seseorang yang perlu membiayai sekaligus bertanggung jawab terhadap orang tua nya, dirinya sendiri dan juga anak atau adiknya. Orang-orang yang merupakan generasi sandwich biasanya kini berada pada usia 30-40 tahun. Seringkali, peran ganda untuk membiayai tiga generasi ini menjadi penyebab mereka sering mengalami tekanan emosional dan finansial dalam menjalankannya. 

Tiga Tipe Generasi Sandwich

Carol Abaya salah satu Aging dan Eldert Exper di seniorliving.org mengategorikan tiga generasi sandwich berdasarkan ciri-ciri dan perannya sebagai berikut:

1. The Traditional Sandwich Generation

Tipe yang paling umum adalah generasi sandwich tradisional yang merupakan orang dewasa berusia 40-50 tahun. Generasi ini merupakan generasi yang memiliki tanggung jawab orang tua serta memiliki anak yang masih membutuhkan dukungan  finansial dan emosional. 

2. The Club Sandwich Generation

Ciri-ciri dari generasi ini ialah usia dewasa yakni 50-60 tahun yang masih perlu membiayai orang tua, anak sekaligus cucu (jika ada). Tak hanya itu, biasanya generasi ini juga memiliki tanggung jawab untuk membiayai kakek – nenek jika masih ada.

3. The Open Faced Sandwich Generation

Generasi ini merupakan generasi yang menanggung beban orang tua maupun orang yang lebih tua di keluarganya seperti saudara-saudara kandungnya. Ia juga terlibat dalam pengasuhan orang tua berusia lanjut namun bukan merupakan pekerjaan secara profesional seperti pengurus panti jompo. 

Cara Memutus Rantai Generasi Sandwich

Setelah berbicara mengenai ciri-ciri generasi sandwich, mungkin lo juga merupakan salah satunya. Walaupun terasa berat namun tenang saja, ini dia 5 cara yang bisa lo lakukan untuk memutus rantai generasi sandwich biar hidup lebih tenang dan terarah. Langsung coba aplikasikan ya! 

1. Buat Tabungan Rencana

Tabungan rencana adalah langkah yang bijak untuk mempersiapkan diri dalam memutus rantai generasi sandwich. Mulailah dengan membuat tujuan tabungan yang akan lo lakukan. Buat anggaran tiap bulannya serta buka rekening terpisah agar dana yang ada tidak tercampur dengan dana pribadi lainnya. Pastikan untuk menabung secara konsisten ya Bro!

2. Kurangi Gaya Hidup yang Konsumtif

Mengurangi gaya hidup yang konsumtif adalah langkah penting dalam menciptakan stabilitas keuangan dan mempersiapkan diri untuk mengatasi tantangan keuangan yang mungkin muncul, termasuk merawat generasi sandwich. Mulailah dengan membuat anggaran pengeluaran dan pendapatan pribadi tiap bulannya. Kurangi pengeluaran yang dirasa kurang penting dan cenderung konsumtif. Hal ini bisa membantu lo untuk dapat menyisihkan pendapatan untuk keperluan yang akan digunakan di masa depan. 

Pengeluaran yang cukup menguras kantong biasanya juga berkaitan erat dengan produk perawatan tubuh dan wajah. Oleh karena itu, pastikan untuk membeli produk dengan harga yang terjangkau sehingga masih dapat menyisihkan dana untuk tabungan  maupun keperluan lainnya. Lo bisa coba gunakan produk dari Kahf untuk solusi permasalahan wajah yang lebih terjangkau. Kalau kulit lo berjerawat, lo bisa gunakan Kahf on The Go Oil and Acne Care Face Wash yang ampuh menghilangkan jerawat dan membantu memperbaiki kondisi kulit wajah. Namun kalau kulit lo kusam dan cenderung gelap akibat banyaknya kegiatan sehari-hari, maka gunakanlah Kahf Skin Energizing and Brightening Face Wash On The Go 50 ml untuk mengembalikan warna asli kulit serta menjadikan kulit lebih segar dan cerah seharian. Lo bisa dapatkan produk terjangkau ini hanya di www.kahfeveryday.com ya!

3. Miliki Asuransi Kesehatan

Akses kesehatan yang datang secara tiba-tiba saat dibutuhkan seringkali membuat dana tabungan terpakai bahkan hingga tidak menyisakan dana untuk keperluan lainnya. Oleh karena itu, Mempunyai asuransi kesehatan adalah langkah penting untuk melindungi diri dan keluarga  dari beban finansial yang mungkin timbul akibat biaya perawatan medis yang mahal. Ini merupakan bagian penting dalam perencanaan keuangan lo tiap bulannya. 

4. Siapkan Dana Pendidikan Anak

Buat lo yang merupakan generasi sandwich sekaligus sudah berkeluarga dan memiliki anak, alangkah lebih baik untuk dapat menyiapkan dana pendidikan anak dari jauh-jauh hari. Pasalnya, biaya pendidikan anak semakin tahun semakin mahal dan tidak terjangkau. Oleh karena itu, agar lebih terencana dan terjamin masa depan si kecil, lebih baik untuk menyiapkan dana pendidikan tersebut sejak dini. 

5. Mulai Investasi Sedini Mungkin

Memulai investasi sedini mungkin adalah langkah penting dalam mencapai keberhasilan keuangan jangka panjang. Waktu adalah aset terbesar dalam investasi, dan semakin awal lo mulai, semakin besar pula peluang lo untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.  Dengan perencanaan yang baik, pengetahuan, dan konsistensi, lo bisa membangun portofolio investasi yang kokoh dan mengamankan masa depan keuangan yang lebih baik.

Nah itu dia, 3 tipe generasi sandwich sekaligus cara untuk memutus rantainya agar kehidupan dapat lebih aman dan sejahtera. Buat lo para generasi sandwich, tetap semangat dan jangan lupa mengaplikasikan 5 cara diatas ya!

Comments ( 0 )

Write a Comment

LEAVE A COMMENT

X